Cara Meningkatkan SEO Dari Nol Hingga Sempurna

Cara Meningkatkan SEO Dari Nol Hingga Sempurna - Pada prinsipnya ngeblog bukanlah aktivitas yang sulit dilakukan. Untuk menjadi blogger yang handal, anda tidak cukup hanya menampilkam entri dan menghias interior blog saja, tetapi juga perlu meningkatkan SEO. Apa itu SEO dan bagaimana cara untuk meningkatkannya? Yuk langsung saja Ke topik.



Apa Itu SEO?
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimazion yang diartikan sebagai optimasi mesin pencari. Lantas apa yang dimaksudkan dengan SEO itu? SEO dapat dipahami sebagai suatu teknik untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungam melalui Mesin Pencari. Teknik ini bertujuan untuk menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu.

Mengapa posisi teratas atau halaman pertama dari hasil pencariam sangatlah penting? Logikanya, situs web atau blog yang menduduki peringkat teratas atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian memilliki peluang yang lebih besar untuk memperoleh pengunjung. Ada 2 alasan yang setidaknya mendasari para pemilik situs web atau blog saling berlomba meningkatkan SEO-nya, yaitu:
  • Besarnya peluang kunjungan ke situs web atau blognya.
  • Posisi teratas atau berada dihalaman pertama hasil pencarian memberikancitra dan repulasi yang baik bagi sebuah situs web atau blog dimata pengunjun.
Oleh sebab itulah, banyak pemilik situs web atau blog berlomba-lomba untuk meningkatkan SEO-nya, terutama situs yang berorirntasi bisnis. Tingginya SEO bisa memperbesar peluang calon pelanggan untuk mengunjungi situsnya. Secara lebih lanjut, hal tersebut akan berpotensi meningkatkan konversi dari pengnjung biasa menjadi pembeli.
Upaya peningkatan SEO blog dapat dilakukan dengan beragam cara. Secara garis besar terdapat 2 teknik utuk meningkatkan SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Apa yang dimaksud dengan kedua jenisteknik tersebut? Simak penjelasan singkatnya berikut ini.
  • SEO On Page
    SEO On Page merupakan teknik meningkatkan SEO yang dilakukan secara internal, yaitu pada halaman situs web atau blog itu sendiri. teknik ini mencakup beberapa cara, yaitu : Penggunaan nama Domain, Internal linking, penggunaan tag alt pada gambar blog, penggunaan meta tag pada template dan sebagainya. 

  • SEO Off Page
    Ditinjau dari namanya, pasti anda sudah bisa membayangkan apa yang dimaksud dengan SEO Off Page. SEO Off Page adalah teknik meningkatkan SEO yang dilakukan secara eksternal, yaitu diluar halaman web atau blog. Bagaimana Caranya? Sepeti halnya SEO On Page, ada banyak cara yan bisa dilakukan untuk menjalankan teknik SEO ini, di antaranya adalah backlink, submit blog ke mesin pencari, serta webmaster tool, dan sebagainya
Perlu anda ketahui bahwa teknik meningkatkan SEO sangatlah beragam, mulai dari yang bersifat legal hingga ilegal. Teknik legal dimaksudkan bahwa teknik peningkatan SEO yang diterapkan diperkenankan karena tidak melanggar ketentuan mesin pencari (Search Engine). Sementara teknik yang bersifat ilegal tidak diperkenankan, karena melanggar ketentuan mesin pencari. Apa saja teknik peningkatan SEO yang Bersifat ilegal. Simak Penjelasannya berikut ini:
  • Link Farm
    Link Farm merupakan kumpulan link yang tidak dipidahkan berdasarkan kategori tertentu. Teknik ini umumnya digunakan agar mesin pencari bisa mendeteksi lebih vepat dan website tau blog lebih cepat terindeks. Penggunaan teknik Link Farm untuk meningkatkan SEO dinilai menyalahi atutan TOS (Terms of Service) di sebagian besar mesin pencari. Bekenaan dengan hal tersebut, blogger yang terdeteksi menggunakan teknik Link Farm dapat dikenai hukuman beruka pemblokiran bahkan penghapusan dari daftar indeks pencarian.

    Pada umumnya penggunaan teknik Link Farm dapat diketahui dari konten website atau blog. Sebagai contoh misalnya, konten website atau blog tampak biasa bahkan tidak pernah di update, tetapi memiliki trafik kunjungan yang tinggi.
  • Keyword Stuffing
    Teknik peningkatan SEO yang dinilai ilegal lainnya adalah Keyword Stuffing. dari namanya, anda mungkin sudah memiliki gambaran mengenai teknik ini. Keyword Stuffing merupakan teknik meningkatkan SEO dengan menggunakan keyword atau kata kunci. Teknik ini dilakukan dengan tujuan memaniplasi ranking pada SERP (Search Engine Result Page) yang dilakukan dengan cara "menjejali" halaman website atau blog dengan keyword.
  • Doorway Page
    Teknik ini dikenal dengan istilah Gateway Page. Doorway Page atau Gateway Page merupakan teknik untuk meningkatkan SEO yang bersifat ilegal dengan tujuan mengalihkan trafik ke halaman website atau blog lain.
Penggunaan teknik SEO ilegal tersebut tentunya memiliki kosekuensi bagi kelangsungan halaman website atau blog agar terindeks oleh mesin pencari. Jika halaman website atau blog Anda diketahui menggunakan salah satu atau bahkan beberapa teknik ilegal tersebut, maka jangan kaget apabila halaman website atau blog anda dihapus dari indeks mesin pencari. Oleh sebab itu, sebaiknya anda tidak berusaha berlaku curang untuk meningkatkan trafik atau SEO halaman website atau blog anda.
Mengapa demikian ? Ada banyak teknik lain bersifat legal yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan SEO blog secara lebih aman.

 Cara Meningkatkan SEO
SEO (Search Engine Optimazion) halaman web atau blog dapat ditingkatkan dengan beragam cara, mulai dari yang mudah hingga rumit. Sebagai pemula didunia blogging, anda bisa mulai dengan cara yang mudah terlebih dahulu untuk menindak lanjuti ke jenjang yang lebih rumit. Apa saja cara mudah untuk Meningkatkan SEO? Simak pembahasan dan ikuti langkah langkahnya.
A. Submit Blog ke Mesin Pencari
Mesin Pencari (Search Engine) Merupakan salah satu "produk" unggulan dunia maya. produk ini memungkinkan anda untuk menemukan apapun yang anda butuhkan dan inginkan, baik berupa artikel, gambar, video, halaman website, dan sebagainya. Saat ini banyak mesin pencari yang beredar di jagad maya, sebut saja Google, Yahoo, MSN, Bing, dan sebagainya.
Agar Blog terindeks oleh mesin pencari, anda harus melakukan submit blog ke mesin pencari. Bagaimana Caranya? Proses submit blog ke masing masing mesin pencari memiliki mekanisme tesendiri. Berikut ini akan ditunjukan langkah langkah submit blog ke mesin pencari Google, Yahoo, MSN dan Bing.

B. Memilih template yang SEO friendly
Suatu desain template blog bisa saja memiliki keunggulan dan kelemahan. Di satu sisi, sebuah tampilan template tampak keren, dan simpel tampilannya, namun dari sisi SEO bisa saja lemah, ataupun sebaliknya. Oleh karena itu, pilihlah template Blogger yang SEO friendly.

C. Memasang Meta Tag
Memasang Meta Tag sangatlah penting selain untuk terindeks nya Blog di mesin Pencari memasang meta tag juga bisa meningkatkan SEO-nya situs website atau blognya itu sendiri.
D. Maksimalkan Keyword
Maksimalkan Keyword disini berarti anda harus Memasang setiap keyword yang MAKSIMAL di setiap postingan. janganlah terlalu banyak memasang keyword maka hal ini disebut Hal Ilegal yang sudah kita bahas tadi diatas. Gunakanlah Keyword dengan Cara ( Bold (B), Italic (i) atau Underline (U) ).
E. . Mempercepat Loading Blog
Banyak cara yang mudah untuk Mempercepat loading blog yaitu:
1. Jumlah Posting
2. Jangan Terlalu banyak Pasang Widget
3. Template Simple
4. Compress Template  
F.  Gunakan Media Sosial Untuk Promo
Media Sosial adalah istilah yang sangat penting dalam membangun Trafik di Blog, Media Sosial disini itu misalnya Twitter dan Facebook.
G. Page Rank
Dapatkanah Page Rank agar blog anda terlihat Maco dalam arti lebih menarik si pengunjung untuk beraktifitas di blog anda.

H. Tidak Boleh COPAS
Poin ini sangat penting bagi para blogger jika anda Copas maka blog anda bisa bisa kena amukan sang Google Panda.


I. Mengurangi Tingkat Bounce Rate
Apa Bounce Rate itu? dimana pengunjung sebuah blog keluar masuk. misal (IKLAN)
Beberapa Poin yang mempengaruhi Baunce Rate:
  • Banyak link yang menuju website/blog yang berbeda
  • Menutup jendela yang terbuka atau newtab
  • Mengetik url baru
  • Mengklik mundur untuk meninggalkan blog tersebut
J. Unik dan Relevan Konten
Google Panda sangat senang jika konten kita unik dan belum pernah di muat di blog blog lainnya. Apalagi Google Panda sekarang berkualisi bersama Google Pinguin.
Jadi perbanyaklah Buat artikel yang belum pernah dimuat. pasti Si Google akan Jatuh Cinta Pada BLOG anda.
K. Pasanglah Breadcrumb dan Related Post
Memasang Breadcrumb dan Reladet Post bukan hanya untuk lebih mudahnya pengunjung mengunjungi blog anda, tetapi dengan dipasangnya Breadcrumb ini pengunjung lebih mudah untuk kembali ke halaman yang Pengunjung inginkan dan Related Post lebih mudah untuk Melihat beberapa artikel yang terkait dengan apa yang pengunjung sedang baca.
L. Dengan Cara Blogwalking dan Berkomentar
Blogwalking dan berkomentar sangatlah penting untuk terindeks nya sebuah blog atau website. selain semua itu Blogwalking dan Berkomentar juga bisa menjadi salah satu menjaganya silahturahmi antar blogger.

Posting Komentar

Jika Form Komentar Tidak Keluar Sialahkan Reload Browser Anda!